Minggu, Juli 14, 2024
Home Tak Berkategori Profil AHY yang Bakal Dilantik Jokowi jadi Menteri ATR/BPN Hari Ini

Profil AHY yang Bakal Dilantik Jokowi jadi Menteri ATR/BPN Hari Ini

by Geralda Talitha
0 comment
Profil Agus Harimurti Yudhoyono

Calonkepaladaerah.com – Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) akan resmi dilantik oleh Presiden Jokowi sebagai Menteri ATR/BPN. Pelantikan atas jabatan baru yang diemban AHY itu akan berlangsung hari ini, Rabu (21/02).

Pelantikan terhadap AHY nantinya akan berlangsung di Istana Merdeka, Jakarta Pusat. Bersama dengan AHY, Hadi Tjahjanto juga akan ikut dilantik Jokowi untuk mengisi posisi Menko Polhukam yang sebelumnya ditinggalkan Mahfud MD.

Jelang proses pelantikannya sebagai Menteri ATR/BPN, profil AHY pun kini banyak diburu informasinya oleh publik.

Oleh karena itu agar tak penasaran, dalam artikel ini akan dikupas secara tuntas mengenai informasi yang berisikan profil AHY. Simak secara lanjut lewat penjelasan berikut ini:

Profil AHY

AHY lahir di Bandung pada 10 Agustus 1975. Ia juga merupakan anak sulung dari Presiden RI Ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Sebelum pada akhirnya berkarir di lembaga eksekutif, kiprah AHY di dunia politik cukup menarik perhatian khalayak.

Pasalnya, ia dinilai sebagai politik muda yang kerap kali menunjukkan dedikasi dan komitmen untuk mengabadikan dirinya dalam pembangunan negara.

Sebelumnya, Agus sempat menempuh pendidikan sekolah dasar hingga menengah di Jakarta. Kemudian ia melanjutkan pendidikannya dengan studi ke luar negeri.

Anak pertama dari dua bersaudara ini pun pada akhirnya berhasil memperoleh gelar sarjana dari Akademi Militer Amerika Serikat di West Point pada tahun 2000.

Selain itu, AHY juga mendapatkan gelar master dalam bidang Public Administration dari Harvard Kennedy School pada tahun 2012.

Pada tahun 2005, ia pun akhirnya memutuskan untuk mempersunting Annisa Larasati Pohan. Dari pernikahannya tersebut, keduanya dikaruniai seorang putri bernama Almira Tunggadewi Yudhoyono.

Karir Militer

Sebagai lulusan Akademi Militer Amerika Serikat, AHY memiliki karir militer yang cemerlang. Ia mengabdikan dirinya dalam Angkatan Darat Indonesia dan menempati berbagai posisi penting. Beberapa posisi yang pernah dipegangnya antara lain Komandan Batalyon Infanteri 312/Kala Hitam dan Komandan Resimen Induk Kodam Jaya.

Hingga pada akhirnya dirinya pun diberhentikan secara terhormat dari TNI pada 2016 lantaran memilih untuk mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Mayor.

Karir Politik

Melepaskan karirnya di dunia militer,kakak dari Edhie Baskoro Yudhoyono ini pun memilih untuk terjun ke dunia politik dengan mengikuti kontestan Pilgub DKI 2017.

Saat itu, ia bersama dengan Silviana Murni harus menghadapi pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno serta Basuki Tjahja Purnama-Djarot Syaiful Hidayat.

Sayangnya kala itu, AHY dan Silviana Murni tak mampu mengalahkan kedua pesaingnya lantaran suara yang diraup keduanya di Pilkada 2017 tertinggal jauh.

Meski gagal memenangkan Pilkada 2017, dirinya kembali mengambil langkah baru di dunia politik tepatnya pada 2020.

Dimana saat itu AHY resmi menjabat sebagai Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat untuk periode 2020-2025, mengganting sang ayah, SBY.

Terpilihnya AHY sebagai Ketum Demokrat, terjadi lantaran proses aklamasi yang dilakukan seluruh peserta Kongres di JCC Senayan, Jakarta.

You may also like

Leave a Comment

About Us

We’re a media company. We promise to tell you what’s new in the parts of modern life that matter. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo. Sed consequat, leo eget bibendum sodales, augue velit.

@2022 – All Right Reserved. Designed and Developed byu00a0PenciDesign