Minggu, Juli 14, 2024
Home Politics Prabowo-Gibran Siap Berikan Pidato usai Ditetapkan KPU sebagai Presiden-Wapres Terpilih 2024

Prabowo-Gibran Siap Berikan Pidato usai Ditetapkan KPU sebagai Presiden-Wapres Terpilih 2024

by Geralda Talitha
0 comment
Prabowo-Gibran

Calonkepaladaerah.com – Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia hari ini, Rabu (24/04) telah mengadakan rapat pleno untuk menetapkan Presiden dan Wakil Presiden yang terpilih pada tahun 2024.

Pasangan Prabowo-Gibran dijadwalkan untuk menyampaikan pidatonya dalam acara tersebut. Rapat tersebut berlangsung di kantor KPU yang terletak di Jakarta Pusat pada Rabu, 24 April 2024, mulai pukul 10.00 WIB, dan dipimpin langsung oleh Ketua KPU RI, Hasyim Asy’ari.

Menurut Ketua Divisi Teknis KPU RI, Idham Holik, dalam rapat pleno tersebut, KPU akan memberikan kesempatan kepada Presiden dan Wakil Presiden terpilih untuk menyampaikan pidatonya.

Acara dimulai dengan pembacaan berita acara tentang penetapan Presiden dan Wakil Presiden terpilih, diikuti dengan pembacaan Surat Keputusan (SK) Presiden dan Wakil Presiden terpilih. SK tersebut kemudian akan diserahkan kepada beberapa lembaga dan pihak, termasuk MPR, Presiden, Prabowo-Gibran, DPR, DPD, Mahkamah Agung, Mahkamah Konstitusi, dan partai politik peserta pemilu 2024, sesuai dengan ketentuan dalam PKPU Nomor 6 Tahun 2024.

Rapat pleno ini diselenggarakan dua hari setelah sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024 di Mahkamah Konstitusi (MK), di mana gugatan yang diajukan oleh Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud ditolak oleh MK.

Dengan demikian, Prabowo-Gibran akan menjabat sebagai Presiden dan Wakil Presiden untuk periode 2024-2029, dengan pelantikan mereka direncanakan pada tanggal 20 Oktober 2024.

Berdasarkan Keputusan KPU RI Nomor 360 Tahun 2024, Ganjar-Mahfud hanya memperoleh 27.040.878 suara atau sekitar 16,47 persen dari seluruh suara sah nasional, sementara Prabowo-Gibran memperoleh 96.214.691 suara atau sekitar 58,58 persen, dan Anies-Muhaimin memperoleh 40.971.906 suara atau sekitar 24,95 persen dari seluruh suara sah nasional.

KPU RI telah mengundang Presiden Joko Widodo, Anies-Muhaimin, dan Ganjar-Mahfud untuk hadir dalam acara penetapan Prabowo-Gibran. Selain itu, Ketua DPR RI, Puan Maharani, yang juga merupakan putri dari Ketua Umum PDI-P, Megawati Soekarnoputri, serta Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo, juga tercatat dalam daftar undangan tersebut.

Baca Juga: Prabowo-Gibran Absen di Sidang Putusan PHPU Pilpres 2024 MK Hari Ini

You may also like

Leave a Comment

About Us

We’re a media company. We promise to tell you what’s new in the parts of modern life that matter. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo. Sed consequat, leo eget bibendum sodales, augue velit.

@2022 – All Right Reserved. Designed and Developed byu00a0PenciDesign